11 September 2022

Shopee 9.9, Bosan Tapi Menguntungkan

Hampir setiap bulan, bahkan setiap hari, iklan Shopee menghiasi layar kaca televisi. Dengan bintang iklan dan tema yang berbeda-beda, marketplace dengan warna dasar oranye itu tak bosan-bosannya menyajikan iklan yang pada intinya sama, menawarkan gratis ongkos kirim (ongkir) dan diskon pada sebagian produknya.

Salah satu program Shopee yang sering diiklankan adalah program gratis ongkir dan diskon pada angka tanggal dan bulan yang sama di setiap bulannya. Misalnya 1.1 (1 Januari), 2.2 (2 Februari), 3.3 (3 Maret), dan seterusnya hingga berulang lagi ke program 1.1.

Awalnya, saya mengira bahwa program Shopee 9.9 berawal dari tahun 2019. Namun setelah saya cari tahu, rupanya program ini telah berjalan sejak 2018 berdasarkan artikel yang saya temui berjudul Program Shopee 9.9 Super Shopping Day Catatkan Rekor Penjualan dalam suara.com. Saya menyimpulkan program ini berlangsung dari tahun 2019, karena memang baru melihat iklan program tersebut di tahun 2019. Sedangkan di tahun 2018, saya memang jarang di rumah karena harus merantau ke pesantren sehingga tidak bisa menonton televisi.

Setelah beberapa bulan iklan tersebut saya temui di sela-sela program televisi, kadang terbesit rasa bosan. Karena terpikir, bahwa itu adalah iklan dengan penawaran yang sama dan tertebak alurnya. Bulan ini pasti 1.1, bulan berikutnya 2.2, dan seterusnya. Mengapa harus berganti-ganti iklan di setiap bulannya? Toh setiap hari pun ada saja voucher gratis ongkirnya. Kenapa harus ada program 9.9? Padahal hal yang ditawarkan juga sama saja.

Suatu ketika, secara kebetulan, saya check out sebuah buku di Shopee di tanggal 6 Juni (6.6) tahun 2020. Dan, hei, buku itu bisa saya dapatkan dengan setengah harga! Tak main-main. Buku yang pada awalnya berharga 64.000, bisa saya check out dengan harga sekitar 34.132 saja.

Baca juga: Jaga Kesehatan Mulai dari Membawa Air Minum Sendiri

Awalnya, buku tersebut telah diskon sehingga harganya menjadi 44.800 di katalog. Lalu terdapat voucher potongan harga sebesar 10.000 pada toko penjual yang merupakan official store dari penerbit buku tersebut. Berawal iseng, saya mengklaim voucher tersebut dan langsung digunakan untuk check out buku. Harga tersebut makin dipotong dengan adanya voucher gratis ongkir dan menukar koin Shopee yang dimiliki. Akhirnya, jadilah saya hanya harus mengeluarkan uang sebesar 34.132 untuk membeli buku tersebut.

Hari berganti hari, sesekali saya masih belanja di Shopee. Sampai di tahun berikutnya, saya baru tersadar apa perbedaan gratis ongkir di hari-hari biasa dibanding gratis ongkir pada event Shopee 9.9 dan sejenisnya.

Di hari-hari biasa, voucher gratis ongkir yang ditawarkan biasanya bersyaratkan minimal belanja dengan nominal tertentu. Misalnya minimal belanja 30.000, 50.000, 100.000, atau mungkin lebih tinggi lagi. Ditambah, ada syarat untuk metode pembayaran tertentu. Dan metode pembayaran yang paling sering saya temui pada syarat voucher gratis ongkir adalah ShopeePay, COD dan Shopee PayLater.

Berbalik dengan itu, dalam event Shopee 9.9 dan sejenisnya, voucher gratis ongkir yang ditawarkan justru memberi persyaratan yang lebih mudah. Voucher gratis ongkir bisa didapat dengan minimal belanja nol rupiah (tanpa minimal belanja) dan tanpa persyaratan metode pembayaran tertentu. Selain itu, terkadang ada juga voucher cashback untuk toko-toko yang terdaftar di Shopee Mall dengan persentasi yang beragam. Belum lagi ada flash sale produk pada jam-jam tertentu yang harganya bisa hanya Rp 1000. Meskipun, saya belum mencoba membeli produk flash sale sih. Hehe.

Namun di iklan, mungkin kamu pernah mendengar kalimat "gratis ongkir di semua toko". Kata semua di sini, sebenarnya tidak benar-benar untuk semua toko. Melainkan untuk toko-toko yang bertanda gratis ongkir pada katalog Shopee. Di mana tanda gratis ongkir tersebut bisa dilihat di sudut kiri bawah pada setiap produk yang ditampilkan dalam katalog. Jadi ya, mulai sekarang, tidak perlu heran lagi jika suatu ketika kamu membeli barang namun dengan ongkir yang tetap dihitung.

Ket. :
Kotak hijau : produk dengan bertanda gratis ongkir
Kotak merah : produk tanpa bertanda gratis ongkir

Berbulan-bulan setelah saya setia menjadi pengguna Shopee, membuat saya terkadang menunda membeli barang jika saat itu mendekati program Shopee 9.9 dan sejenisnya. Ya, mengincar apalagi? Tentu saja voucher gratis ongkir yang lebih mudah persyaratannya dan voucher diskonnya yang lebih besar nominalnya. Meski begitu, porsi belanja juga tetap harus dijaga. Tidak setiap ada event Shopee 9.9 selalu saya gunakan untuk belanja. Jadi tetap memprioritaskan hal-hal yang dibutuhkan dalam belanja dibanding yang diinginkan. Selama barang yang ingin dibeli itu sifatnya tidak terlalu darurat dan kurang dibutuhkan, saya lebih memilih menunda pembelian itu. Terlebih, jika ada hal yang lebih mendesak yang lebih harus menggunakan uang.

Tetap bijak dalam berbelanja ya, Kawan.

Download Shopee sekarang!



Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: