29 November 2020

Sering Menerima Link Tidak Jelas? Yuk, Cek Keasliannya

 

Halo, Kawan!

Pernah gak sih kamu mendapatkan sebuah pesan berantai di aplikasi chat? Kalau kamu tergabung dalam sebuah grup sih, kemungkinan besarnya pernah ya. Isi pesannya juga macam-macam. Ada yang mengenai pengadaan seminar online, lomba untuk event tertentu, cerita-cerita pendek yang mengandung hikmah, motivasi sederhana, pengumuman untuk mewaspadai sesuatu sampai pesan yang berisi ajakan untuk mengklik tautan yang ada pada pesan tersebut. Dan yang aku sebutkan terakhir ini, lagi marak-maraknya loh. Isinya juga macam-macam. Ada yang mengenai pendaftaran kartu prakerja, laptop gratis dari pemerintah, kuota gratis dari pemerintah, paket makanan dari gerai makanan tertentu sampai sepatu gratis yang diakui resmi. Umumnya, tautan-tautan tersebut memiliki tulisan tautan yang agak rumit dan pesannya pun terbilang sangat singkat. Karena pada intinya, pesan tersebut hanya mengajak penerima untuk mengklik tautan yang dikirimnya saja. Tanpa harus membaca isi pesannya.

Perlu kamu tahu nih. Kebanyakan pesan berantai dengan isi yang sangat singkat dan tautan yang cukup rumit itu bisa dibilang merupakan pesan hoax atau bohong. Meskipun mungkin, tidak semuanya. Tapi apa salahnya untuk mencari tahu kebenaran tersebut? Dan untuk lebih jelasnya, kali ini aku akan membagikan beberapa cara untuk membongkar keaslian atau ketidakaslian tautan yang kamu terima dari pesan berantai. Cara-cara dibawah ini aku simpulkan sendiri dari apa yang aku tahu dengan mengetes beberapa tautan dari pesan berantai yang aku terima dari berbagai grup aplikasi chat.

Mengecek Tautan Melalui Hoax Buster Tools

Kurang lebih sebulan yang lalu, aku baru tahu tentang aplikasi Hoax Buster Tools dari acara Beranda Pak RT yang ditayangkan di ANTV. Dan pada saat itu juga, aku langsung cari aplikasi bernama Hoax Buster Tools ini di play store. Benar saja. Aplikasinya sudah tersedia di play store dan bisa diunduh kapan saja oleh siapa saja. Termasuk kamu.

Untuk melakukan pengecekan tautan yang kamu terima dari sumber lain di aplikasi Hoax Buster Tools, tentunya kamu harus mengunduh aplikasinya dulu ya. Setelah terunduh, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini : 

  1. Buka aplikasi Hoax Buster Tools yang telah terunduh di handphone kamu. 
  2. Klik MULAI MENCOBA TOOL. Atau, kamu juga bisa mengklik tiga garis mendatar yang ada pada pojok kiri atas tampilan aplikasi. 
  3. Setelah mengklik salah satu dari kedua pilihan itu, akan ada menu yang muncul. Pilih Alat Pencarian jika kamu ingin mengecek link yang kamu terima. 
  4. Lalu, klik BUKA TOOL yang ada pada kolom ASE – Anti-hoax Search Engine. 
  5. Ketik tautan yang ingin kamu cek keasliannya pada kolom yang bertuliskan ENHANCED BY Google berwarna abu. Atau, kamu juga bisa melakukan copy-paste dari tautan yang kamu terima. 
  6. Lalu klik tombol bergambar kaca pembesar. Dan hasilnya, akan terlihat seperti dibawah ini. 
Pesan berantai dengan link yang aku terima

Pengecekan di Hoax Buster Tools

Namun, sayangnya tidak semua tautan bisa kamu cek dan dipastikan keaslian atau tidaknya menggunakan aplikasi ini. Karena mungkin masih ada banyak lagi tautan yang tidak jelas namun belum dilaporkan ke sistem aplikasi ini. Sehingga kamu perlu mengetahui cara lain untuk mengetahui kejelasan atau ketidakjelasan tautan yang kamu terima.

Mengecek Kapan Domain yang Bersangkutan Terdaftar

Pada hari yang sama dengan ketika aku mengetahui aplikasi Hoax Buster Tools, tiba-tiba aku terpikir untuk mengecek kapan domain yang bersangkutan terdaftar. Karena kebetulan, saat itu aku sedang sering-seringnya menerima pesan berantai berisi tautan penipuan. Dan tanpa ragu, aku pun mengecek kapan semua domain itu terdaftar. Sungguh mengejutkan hasilnya. Salah satu domain yang aku cek itu ternyata baru saja terdaftar sehari sebelumnya. Sedangkan sisanya, ada yang terdaftar beberapa hari sebelumnya, sebulan sebelumnya atau bahkan ada yang sudah terdaftar beberapa bulan sebelumnya. Sontak saja aku tertawa sendiri. Menertawakan hasil yang aku lihat. Bagaimana mungkin orang-orang percaya pada sebuah website yang domainnya baru terdaftar sehari sebelumnya? Jika saja mereka tahu, aku rasa mereka pun enggan untuk membagikannya.

Baiklah. Agar semakin banyak orang yang tau tentang hal ini, aku akan membagikan cara mengecek kapan suatu domain terdaftar. Simak berikut ini ya :

1. Menentukan domain dari tautan yang kamu terima.

Perhatikan tautan yang kamu terima. Tautan penipuan itu biasanya memiliki tulisan yang cukup rumit dan mengandung angka dan huruf didalamnya. Namun, untuk menentukan domain dari sebuah tautan juga mudah kok. Karena biasanya, domain terletak setelah dua garis miring atau www. dan sebelum satu garis miring. Contohnya seperti berikut.

Tautan yang kamu terima adalah 

https://www.berakal.com/cara-mengganti-background-whatsapp/

Maka, domain dari tautan tersebut adalah berakal.com.

Contoh lainnya berikut ini.

Tautan yang kamu terima adalah 

https://www.bdkw873.top/home.php?from=all

Maka, domain dari tautan tersebut adalah bdkw873.top.

Nah, sudah tahu kan cara menentukan domain dari sebuah tautan? Meski begitu, tidak semua domain memiliki penghujung berupa .com. Masih banyak lagi penghujung domain lainnya. Diantaranya adalah .net, .top, .xyz, .id dan masih banyak lagi.

2. Mengecek tanggal terdaftar domain di website whois.

Kunjungi website whois dengan tautan berikut.

https://www.whois.com/whois/[nama domain]

Contoh : 

https://www.whois.com/whois/berakal.com

Setelah kamu mengunjungi tautan tersebut, kamu akan melihat tanggal terdaftarnya domain seperti di bawah ini.

Berikut ini adalah contoh pengecekan domain dari tautan yang baru aku dapatkan di hari kemarin dan terbukti baru terdaftar empat hari sebelumnya.

Link yang aku terima di hari kemarin

Pengecekan link yang aku terima

Mengklik Tautan Tanpa Memasukkan Data Apapun

Cobalah untuk mengklik tautan yang kamu terima. Tapi jangan sampai kamu memasukkan data apapun. Cukup ditengok saja. Sebagian website penipuan akan berusaha untuk mencegah pengunjungnya beralih ke website lain. Jadi ketika kamu ingin mengunjungi website lain di tab yang sama, website penipuan itu akan melarangmu dengan sebuah peringatan. Sehingga satu-satunya solusi agar kamu bisa keluar dari website itu adalah kamu menambah tab lain dan menutup tab yang sedang membuka website penipuan tersebut.

Ketika website yang dikunjungi ingin beralih ke website lain

Pengecekan domain terdaftar

Mengetahui Website-Website Resmi Pemerintah

Mungkin kamu juga tahu, bahwa sebagian tautan penipuan itu bermoduskan bahwa tautan itu merupakan tautan resmi dari pemerintah. Padahal, kamu juga harus tahu. Bahwa website-website resmi pemerintah umumnya memiliki penghujung .go.id. Dimana maksud dari .go sendiri adalah government yang berarti Pemerintahan. Contohnya saja yaitu prakerja.go.id, kemdikbud.go.id, indonesia.go.id dan berbagai website resmi pemerintah lainnya.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengecek kejelasan atau ketidakjelasan suatu domain. Meski sebenarnya aku tahu belum begitu maksimal, tapi setidaknya aku sudah mengeluarkan uneg-uneg dalam pikiranku yang ingin sekali aku tuliskan. Tapi, ini serius ya. Semoga membantu.



Previous Post
Next Post

post written by:

2 comments:

  1. Ini infonya berguna bangettttt mba. Aku bisa share ntr ke grup enak2 sekolah -_-. Capek juga hampir tiap hari mereka itu share link yg ga jelas. Sampe aku udh ga mau buka lagi isinya, Krn udh yakin pasti hoax. Ga ngerti kenapa ini ibu2 dr sekolahan si Kaka gampang bgt kena hoax gini.

    Besok2 aku bakal kshbtau cara cek nya ke mereka deh. Walopun ga yakin jg bakal didengerin ato ga . Soalnya udh prnh diksh tau ttp aja besok2 masih dikirimin -_-

    ReplyDelete
  2. Uwu!! Terima kasih sudah mengunjungi blogku. Terima kasih juga untuk ketersediannya membagikan artikel ini.
    Salam Blogger :)

    ReplyDelete