04 April 2021

Cara Mengecek NISN dan Mengecek Pemilik NISN

Kamu yang sekarang masih berstatus sebagai siswa/siswi, mungkin seringkali mendengar kata NISN, bukan? Karena setiap siswa/siswi di sekolah Indonesia, pasti memiliki NISN-nya masing-masing. Baik itu siswa SD atau sederajatnya, SMP atau sederajatnya hingga SMA atau sederajatnya. Tapi, tahukah kamu apa maksud dari NISN?

NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Dikutip dari situs web kemdikbud.go.id, Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan sekolah Indonesia di luar negeri. Jadi, setiap siswa/siswi di sekolah Indonesia itu memiliki NISN yang berbeda-beda. Kalau dalam negara, ya kurang lebih serupa dengan Nomor Induk Kewarganegaraan atau yang biasa disingkat dengan NIK. Lalu, apa sih manfaat dari NISN?

Tentunya, sebagai identitas khas masing-masing siswa/siswi di sekolah Indonesia.  Makanya, NISN ini seringkali digunakan untuk berbagai kebutuhkan seputar sekolah. Agar identitas masing-masing siswa/siswi tidak sampai tertukar. Apalagi, kalau ternyata nama kita sendiri cukup pasaran di Indonesia.

Tapi tunggu. Apakah sekarang kamu sudah mengetahui NISN-mu yang terdaftar di kemdikbud? Atau malah belum? Atau mungkin, kamu kebingungan karena memiliki dua NISN yang berbeda? 

Tenang saja. Karena sekarang, kamu bisa memastikan NISN-mu yang terdaftar di kemdikbud dengan mudah secara langsung di situs web kemdikbud. Ini dia tutorialnya.

Cara Mengecek Pemilik NISN

1. Buka mesin pencarian daring di perangkat yang kamu gunakan. Misalnya google, chrome, browser, dsb. Lalu akses situs web https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/.

2. Isi kolom NISN dengan NISN yang ingin kamu cek.

3. Isi juga kolom Nama Ibu Kandung dengan ibu kandung kamu sendiri.

4. Jangan lupa, isi kolom Kode Captcha yang sesuai dengan kode captcha yang tertera di atasnya.

5. Lalu, klik Cari Data.

(1)

6. Tunggu beberapa saat hingga hasilnya muncul. Jika kamu menggunakan PC/Komputer, hasilnya akan terlihat di sisi kanan layar monitor. Namun jika kamu menggunakan ponsel android, hasilnya akan terlihat setelah kamu menggeser ke bawah kemudian ke arah kanan. Tapi jika ternyata NISN yang kamu cek itu salah, maka akan muncul peringatan seperti pada gambar (5) setelah kamu menggeser ke bawah di ponsel android.
(2)

(3)

(4) Hasil NISN

(5)

Baca juga : 

Cara Mengecek NISN

1. Dari halaman sebelumnya untuk mengecek pemilik NISN, kamu bisa klik Pencarian Nama yang tertera pada sisi atas sebelah tulisan Beranda. Atau bisa juga akses langsung https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama.

(6)

2. Masukkan nama, kota tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu dan kode captcha pada masing-masing kolom. Lalu klik Cari Data.
(7)

3. Geser ke bawah, kemudian geser lagi ke kanan untuk melihat hasilnya.

(8)

Semoga bermanfaat ya. Selamat berjuang untuk semua impian dengan belajar dan lebih teliti.


Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: