06 March 2023

Cara Dapat Bacaan Gratis dan Edukatif Tapi Legal di Internet Tanpa Iklan

TAMAT.

Satu buku telah selesai dibaca. Tapi setelah itu, mau baca buku apa lagi, ya? Karena semua buku yang dimiliki, sudah habis dibaca. Sedangkan kalau mau beli buku lagi, harus nabung dulu. Baca artikel di internet, tak mau juga karena terlalu banyak iklan. Malahan, terkadang muncul iklan dengan visual yang tak senonoh dan tak sepantasnya ditempatkan di web tersebut. Padahal, tak jarang isi tulisan tersebut cukup berkualitas dan oke untuk dibaca.

Tapi, bagaimana dengan aplikasi bacaan?

Ya, aplikasi bacaan juga dapat dengan mudah ditemukan. Namun tidak semua aplikasi menawarkan bacaannya secara gratis. Karena cukup banyak juga aplikasi bacaan yang mengharuskan penggunanya membayar agar bisa membaca isi tulisannya.

Jika kamu sedang berada di posisi tersebut, mungkin beberapa alternatif di bawah ini bisa jadi solusi agar kamu bisa mendapatkan bacaan gratis tapi tetap berkualitas.

Aplikasi Ipusnas

Aplikasi Ipusnas

Di aplikasi ini, kita bisa menemukan baaanyak buku digital alias ebook yang berkualitas. Beberapa karya penulis terkenal pun telah masuk daftar koleksi di aplikasi ini. Selain itu, kita juga bisa menemukan buku referensi mengenai mata kuliah tertentu yang tentunya, bisa membantu kamu di kala ada tugas membuat makalah atau bahkan, membuat skripsi!

Namun selayaknya perpustakaan, satu judul ebook dalam aplikasi ini hanya memiliki beberapa salinan. Kalau buku fisik, ibaratnya eksemplar gitu deh. Jadi kalau ternyata saat kita mau pinjam dan salinannya sudah habis, kita mesti mengantri salinan ebook tersebut dan baru bisa membacanya jika salinan ebook sudah tersedia kembali.

Pun jika kamu sedang meminjam ebook-nya,  kamu hanya memiliki waktu beberapa hari untuk meminjam ebook tersebut . Jika lebih dari waktu yang telah ditentukan, ebook tersebut akan dikembalikan otomatis oleh sistem. Ya ibaratnya, diambil paksalah ya. Kalau kita pinjam buku di perpustakaan luring dan dikembalikannya melewati batas waktu, kita kan bisa kena denda. Nah kalau kita pinjam buku digital di ipusnas ini, bukunya akan dikembalikan otomatis oleh sistem dan kita tidak perlu membayar denda.

Selain ipusnas, masih ada beberapa aplikasi yang serupa dengan perpustakaan digital ini. Di antaranya iJakarta, iNgawi, dan beberapa aplikasi lainnya yang dikembangkan PT Woolu Aksara Maya.

Majalah Digital

Tidak hanya buku, majalah pun kini merambah ke dunia digital. Salah satu majalah digital yang bisa didapatkan secara gratis adalah BCH Zine! melalui link bio akun Instagram @creativehub.bdg. BCH Zine! Ini rilis di setiap akhir bulan, dan membahas tentang kegiatan-kegiatan yang terdokumentasi di BCH. Tak jarang, tim redaksi juga mengakhiri halaman majalahnya dengan berbagai permainan loh!

Selain BCH Zine!, DejavuMagz juga bisa jadi pilihan kamu untuk membaca bacaan berkualitas. Majalah digital ini merupakan produk dari Forum Penulis Seluruh KPI (FPSK) di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Isinya mencakup kegiatan yang terdokumentasi dalam lingkup jurusan, dan ulasan buku, lagu, hingga film! Untuk mendapatkannya, kamu bisa akses link bio di akun Instagram @dejavumedia__.

Google Play Book

Aplikasi Google Play Book

Meski dikenal sebagai tempat pembelian ebook, nyatanya ada banyak ebook yang bisa dinikmati secara gratis oleh pengguna. Ebook gratis ini bisa ditemukan di tab ‘Gratis terpopuler’ atau dari saran yang tersedia. Jadi, kita tinggal pilih dan download saja ebooknya.

Di antara ketiga pilihan tersebut, jadi kamu mau pilih yang mana nih? Share di kolom komentar ya!

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: