26 February 2023

Brianna dan Bottomwise Mencari Gitar Sang Legenda Musik!

Buku Brianna dan Bottomwise
Judul : Brianna dan Bottomwise

Penulis : Andrea Hirata

Tahun terbit : 2022

Jumlah halaman : xviii + 362 halaman

Harga buku : Rp115.000,00

Nomor ISBN : 978-602-291-942-1

Mungkin, kamu sudah tidak asing dengan buku berjudul Laskar Pelangi. Buku tersebut merupakan karya Andrea Hirata yang membuatnya dikenal luas sebagai penulis di Indonesia dan mancanegara karena Laskar Pelangi telah diterbitkan dalam berbagai bahasa di dunia.

Usai 17 tahun setelah karya pertama tersebut terbit, Pak Cik -panggilan akrab Andrea Hirata- kembali merilis buku yang pertama ditulisnya dalam Bahasa Inggris dan akan diterbitkan di luar Indonesia. Buku tersebut berjudul Brianna and Bottomwise yang kemudian diterbitkan dalam Bahasa Indonesia pada pertengahan tahun 2022 melalui Penerbit Bentang Pustaka.

Buku ini berkisah tentang Bottomwise, seorang detektif swasta di California yang mencari gitar kesayangan seorang legenda musik yang amat terkenal. Tapi ia tak sendiri. Ia merekrut Brianna, seorang pembuat wafel yang mengagumi musisi tersebut, dan akhirnya menjadi asisten yang menemaninya dalam perjalanan mencari gitar sang musisi.

Selain Brianna dan Bottomwise, masih ada banyak tokoh yang bermunculan dalam cerita novel ini. Makin banyak bab yang sudah dibaca, makin banyak pula tokoh yang bermunculan. Dan ini justru membuatku menerka-nerka, ada hubungan apa di antara tokohnya?

Sayangnya, cerita ini bisa terbaca jelas alur ceritanya hanya dengan membaca bab paling terakhir dan setelah tahu apa konflik permasalahannya. Jadi, karena sudah tahu akhirnya, jadi kurang greget aja gitu bacanya. Karena kan, ya ada gitu novel yang tak cukup baca sampai konflik permasalahan dan bab terakhirnya saja. Yang walaupun kita baca bab terakhir, kita tidak akan puas karena memang ‘semisterius’ itu alur ceritanya.

Meski begitu, kemisteriusan cerita novel ini justru terletak pada pertengahannya. Dari bab satu ke bab lain, ada saja hal yang tidak disangka. Tokoh baru, hubungan baru, pelajaran dan hikmah baru, terus menyertai sepanjang cerita ini.

Baca juga: Review Buku 'Loneliness is My Best Friend'

Dan sebagai seorang penulis asli Indonesia, latar tempat Indonesia juga dimasukkan dalam cerita ini. Bisa dibilang, latar Indonesia dan latar luar negeri dalam novel ini cukup berimbang. Tapi ya, latar tempat Indonesia cukup lebih dijelaskan detailnya.

Secara umum, novel ini mengambil musik sebagai tema besarnya. Dimulai dari konflik di mana seorang musisi kehilangan gitarnya, seorang pemuda desa yang bermimpi jadi musisi tapi bertelinga kuali, hingga gadis cilik yang bermimpi jadi musisi tapi penuh dengan permasalahan keluarga.

Oleh karenanya, banyak istilah-istilah musik yang muncul dalam novel ini. Sayangnya, aku termasuk orang yang kurang paham mengenai dunia alat musik sehingga tidak bisa membayangkan bagaimana kiranya bunyi musik yang dideskripsikan.

Selain itu, akhir cerita novel ini sangat menggantung. Masih banyak tokoh yang belum tentu nasibnya. Membuatku kecewa sekaligus penasaran, karena kelanjutan ceritanya masih ada di Brianna dan Bottomwise 2, yang sayangnya belum terbit.

Dan, terakhir, buku ini pastinya sangat recommended untuk jadi wishlist bacaan kamu. Atau bisa juga jadi pemberian ke adik tersayang. Karena menurutku, adegan-adegan dalam novel ini benar-benar ramah keluarga. Dan di dalamnya sangat banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik.

Selamat membaca.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: