16 April 2024

Curug Panjang: Wisata Curug di Puncak Bogor

Curug menjadi salah satu tujuan bagi banyak orang untuk menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan. Kesegaran dan keindahan alam di sekitar curug menjadi salah satu alasan mengapa wisata curug diminati banyak orang. Ditambah lagi, biasanya, air di curug juga lebih jernih dibanding air yang kita lihat di sungai-sungai tengah kota. Benar-benar membuat otak dan diri kita menjadi lebih segar ketika menghindari hiruk-pikuk ramainya perkotaan.

Salah satu curug yang mesti dikunjungi adalah curug panjang yang berlokasi di Kampung Situhiyang, Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, tepatnya di lereng Gunung Paseban. Lokasi ini termasuk puncak bogor, loh.

Seperti halnya menempuh perjalanan menuju curug-curug lainnya, kita mesti melewati jalanan yang hanya cukup untuk 1 mobil, disertai belokan-belokan di antara kebun dan jurang. Yang jelas, tidak ada kendaraan umum untuk sampai ke sana. Kalau pun ada, mungkin sedikit sekali. Jadi sebaiknya kita gunakan kendaraan pribadi. Kalau tidak ada, ya bisa sewa kendaraan seharianlah.

Untuk memasuki curug panjang, kita hanya perlu membayar tiket sebesar Rp15.000 per orang dengan biaya parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000. Tapi khusus turis asing, biaya tiketnya menjadi Rp50.000 per orang.

Setelah melewati loket tiket, kita mesti berjalan kaki untuk sampai ke curug. Tenang saja. Jaraknya tidak terlalu jauh kok. Sedangkan untuk trek jalannya, memang agak licin. Tapi masih ada jalan yang memiliki pijakan-pijakan bebatuan dan aman untuk dilewati. Setidaknya, tidak terlalu curam.

Begitu sampai curug, kita akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang begitu indah dan asri. Air terjunnya begitu lebat dengan warna air yang sangat bening, bersih dari kotoran. Tak heran banyak orang yang meramaikan curug panjang di akhir pekan.

Meski begitu, kita mesti berhati-hati ketika bermain di sekitar curug. Bahkan jika kamu ingin benar-benar berenang, sebaiknya gunakan pelampung yang disediakan di sana. Karena katanya, kedalaman curugnya sampai 7 meter loh. Pokoknya, stay safe ya selama di sana.

Selain disuguhi suasana yang asri dan sejuk, kita juga bisa membeli makanan atau minuman di beberapa warung sekitar curug. Mulai dari minuman hangat, mie, dan makanan lainnya. Hanya saja, sudah menjadi rahasia umum ya, kalau harga jajanan di tempat wisata itu, cenderung agak tinggi dari biasanya. Jadi ya, alangkah baiknya kalau kita bawa bekal makan dan minum sendiri dari rumah, hehe.

Jika kamu merasa cukup lelah setelah bermain air sepuasnya, jangan lupa mandi! Haha. Tapi tenang aja. Tarif kamar mandi di sana masih normal kok. Rp3000 saja untuk sekali mandi. Jangan lupa bawa pakaian ganti dan sabun dari rumah ya. Karena tidak ada tempat pembelian baju dan sabun di sana, hehe.

Biar agak terbayang dengan keindahan curugnya, aku mau spill beberapa foto yang diambil di sana. Semoga kamu suka!






 

 

 

Latest
Next Post

post written by:

0 Comments: